Tuesday 14 October 2014

TIME MANAGEMENT [Stand Up Comedy Style]



Selamat Siang Kerabat, kali ini kita akan bahas mengenai waktu. Kalau kata orang ekonomi, waktu itu seperti uang sehingga ketika kita tidak bijak dalam memanfaatkannya, kita akan rugi. Kalau kata orang Fisika, waktu itu jarak dibagi kecepatan, semakin cepat kita melaju semakin sedikit waktu yang kita butuhkan.
Oke Gaes, kembali ke waktu, waktu merupakan suatu variabel yang sangat mempengaruhi kehidupan kita. Waktu tidak dapat kembali, seperti perasaanku kepadamu waktu itu [salahfokus]. Eits, tapi bener, waktu itu tidak dapat kembali, satu menit yang kita lewati sekarang tidak akan kita temukan lagi tahun depan. Jadi, kita harus memaksimalkan apa yang kita miliki sekarang.
Gaes, seorang pengusaha yang kaya raya, dan seorang pengangguran sama-sama memiliki 24 jam dalam hidupnya. Mengapa mereka berbeda? Bukankah waktu yang dimiliki untuk berusaha sama? Kadang-kadang kita menyalahkan dunia, mengatakan dunia sungguh kejam, tetapi kenyataan yang terjadi mereka sama-sama memiliki porsi waktu yang sama. Memang benar, waktu yang dimiliki oleh setiap orang di dunia ini dalam sehari sama, 24 jam. So, 24 jam yang kita miliki harus benar-benar dimaksimalkan dengan baik.
Kalau kata orang, kita harus bisa membagi waktu dengan baik. Meskipun perasaanku kepadamu tak bisa dibagi. [salahfokus] Lebih tepatnya banyak orang yang ingin belajar dalam manajemen waktu (time management), sehingga tujuan dalam kehidupan kita dapat tercapai. Banyak cara untuk bisa mengatur waktu dengan baik, salah satunya dengan membuat jadwal keseharian. Jadwal berisi aktivitas yang ingin kita selesaikan pada hari itu. Ada beberapa tips sederhana nih dalam membuat Jadwal, meskipun tak sederhana perasaan cintaku padamu [gagalfokuslagi]
#Tips 1 : Perhatikan waktu produktif anda. Setiap orang memiliki jam-jam produktif masing-masing. Ada yang pagi hari, sampai di tengah malam. [sambil jaga lilin mungkin]. Kembali ke Tips1, alokasikan jam-jam produktif itu untuk melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi dan fokus. Misalnya mengerjakan tugas penting, laporan, ataupun melupakan mantan ^^
#Tips2 : Alokasikan waktu untuk refreshing. Buat jadwal untuk manusia bukan untuk bekerja terus seperti robot. Biasanya saking semangatnya jadwal yang kita buat terlalu padat, sehingga tidak bisa terlaksana secara maksimal. Refreshing itu penting, alokasikan 30-60 menit untuk mengembalikan semangat kita dalam bekerja.
#Tips3 : Komitmen untuk menepatinya. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga komitmen, salah satunya dengan menceritakan kepada orang terdekat jadwal kita.  Sehingga saat kita mulai melupakan jadwal yang kita buat, teman terdekat kita akan menjadi alarm pengingat untuk kita kembali ke jadwal yang benar. (jalan yang benar kali yee)
Itu tadi beberapa hal mengenai waktu. Bijaklah dalam menggunakan waktu, seperti saran PLN dalam menggunakan listrik. Sampai ketemu di waktu-waktu berikutnya ya Gaes, semoga bermanfaat. 

Gusnandar Yoga Utama
@yogautama23

0 comments:

Post a Comment